May 11, 2016

Menuju Puncak dengan si Ganteng All New Mazda2

It's long weekend baby! yess, tanggal merah di hari Kamis dan Jumat merupakan berkah tiada dua buat para pekerja kantoran yang haus libur kayak saya. Ini artinya kesempatan untuk santai atau liburan ke suatu tempat.

Dengan rencana yang sudah di buat sejak sebulanan lalu, dengan mengajak keluarga besar istri, kami patungan menyewa vila nan cantik di daerah Cipanas, Puncak. Lokasinya memang agak jauh mendekat ke Cianjur, tapi dari hasil survey ke beberapa lokasi lainnya, kondisi bangunan, suasana dan harganya cukup masuk akal untuk kami pilih.

Perjalanan di mulai dari Depok, dimana kami kumpul lebih dulu di rumah kakak ipar saya. Kami berangkat dengan 2 mobil saja. Pembagian posisi mobil sudah dilakukan sejak beberapa hari sebelumnya, dan kedua mertua serta seorang kakak ipar ikut di mobil All new Mazda2 hitam ganteng yang saya kendarai. Teknologinya udah SKYACTIV lho, teknologinya lebih tinggi dari generasi sebelumnya, dan konsumsi BBM juga lebih irit pastinya.



Meskipun kami memilih berangkat di hari Jumat, karena niatnya untuk menghindari macet di hari Kamis yang merupakan awal libur, ternyata arah Puncak tetap macet. Dari depok kami mengambil jalur lewat Jl Raya Kalimulya, Depok yang ujungnya tembus di ujung jalan Pemda Cibinong, lalu masuk Jl. Raya Bogor dan belok masuk arah Sentul untuk masuk tol. Kemacetan langsung terlihat saat antrian pintu keluar tol Ciawi. Kami harus menunggu sekitar satu jam untuk akses buka tutup jalan di Puncak.

Begitu jalur dibuka satu arah untuk naik ke atas, langsung saya tancap gas tapi sayangnya kami kembali terjebak macet di akses awal Ciawi sampe pertigaan Taman Safari.Untungnya mobil pake transmisi matic, jadi kaki kiri bisa santai ga perlu koplingan. Sejak macet di tol tadi, fitur yang namanya i-STOP berfungsi dengan baik, tiap kita injak rem dalam untuk berhenti karena macet, mesin otomatis mati dan otomatis kembali hidup secara cepat saat pedal gas di injak, walau mesin mati, tapi AC dan radio tetap hidup loh.



Lewat dari Cisarua, mulai masuk jalur berlika-liku meliuk-liuk melewati kebun teh. Nah, ini enaknya langsung aktifin fitur Sports Mode, tinggal klik tombolnya di dekat tuas transmisi, laju mobil menjadi lebih responsif dan enak untuk di bawa kencang. Perjalanan agak panjang menuju vila, dan saat radio mulai ga jelas muncul-hilang siarannya, saatnya mengkoneksikan iPod ke MZD Connect, dan memutar lagu-lagu favorit. 

MZD Connect ini adalah fitur unggulan hiburan dari Mazda yang didukung dengan layar sentuh berwarna ukuran 7 inci, yang bisa tersambung juga ke smartphone kita. Di sini kita bisa melihat beragam informasi soal mobil ini, mulai dari radio, DVD, fasilitas komunikasi settingan kendaraan maupun GPS (untuk tipe GT saja). Yang hebat lagi adalah, walaupun layar sentuh, kita tidak perlu menyentuh layar untuk mengganti saluran atau memilih menu. Semua bisa dilakukan dengan Commander Control, yang terdapat di floor console dekat arm rest atau di bawah tuas transmisi. Commander Control ini berfungsi untuk mengoperasikan berbagai fungsi di layar, tinggal putar dan pencet jog bulat yang besar, dan ada juga pengaturan tombol volume (selain di kemudi). Semuanya bertujuan supaya pengemudi bisa lebih fokus melihat jalan dan memudahkan pergerakan di dalam kokpit. Mantap.



Cuaca agak panas karena menuju tengah hari, untungnya lokasi vila yang agak menjauh melewati Cipanas ternyata membuat suasana sekitarnya lebih sejuk. Persis setelah melewati pom bensin kedua setelah Istana Cipanas, saya masuk ke jalan kecil di sebelah kanan, dan terus naik ke atas bukit, menembus kampung hingga akhirnya sampai di lokasi. Jalanan yang terlalu menanjak membuat saya kadang mengganti transmisi menjadi semi-manual agar lebih responsif saat jalan menanjak.





Jarak yang jauh terbayar dengan area vila yang tenang dan nyaman. Setelah mengeluarkan barang dan membagi-bagi kamar untuk masing-masing anggota keluarga, hal yang pertama dilakukan oleh anak-anak adalah berenang. Yes, they are excited to see the pool. Plus istri saya membawa 2 ban renang untuk digunakan.







Memang tidak salah juga banyak orang rela bermacet-macetan selama perjalanan menuju area Puncak-Cisarua-Cipanas, karena semua kelelahan akan terbayar di atas, dengan udara yang sejuk, pemandangan yang hijau indah menghampar, dan pastinya membuat pikiran tenang melupakan segala drama di kota hehehe....



Oh iya, kalau mau cek lebih jauh mobil yang saya bawa itu langsung cek aja di www.mazda.co.id, bisa lihat spesifikasinya lebih lengkap dan bisa coba test drive di dealer terdekat juga dong. Sok atuh!

Bagikan

Jangan lewatkan

Menuju Puncak dengan si Ganteng All New Mazda2
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

2 comments

Tulis comments
avatar
July 18, 2016 at 9:14 PM

numpang tanya mas, villanya bisa disewakeun nyak, keliatannya enak tuh berenangnya, punten..

Reply
avatar
July 21, 2016 at 7:50 AM

Halo, memang disewakan tapi untuk yang dekat aja mas/mbak, kalo minat silakan japri saya untuk kontaknya...

Reply