April 13, 2015

Bekerja di Malaysia sebagai profesional

Selagi browsing sana-sini, saya sempat membaca beberapa postingan tentang bekerja di luar negeri, dan ternyata cukup banyak respon yang merasa terbantu dengan konten postingan tersebut. Saya sendiri cukup beruntung sempat merasakan pengalaman bekerja di Malaysia selama sekitar dua tahun, itu adalah pengalaman pertama saya keluar negeri dan sebelum berangkat dulu, saya juga selalu mencari info kesana-kemari tentang standar gaji, biaya hidup maupun cara mendapatkan kerja di luar negeri.

Ada beragam cara yang sebenarnya bisa kita lakukan untuk mencoba peruntungan di negeri orang. Saya coba utarakan beberapa hal yang semoga bisa menambah info. Yang saya bahas lebih kepada mencari kesempatan di Malaysia.

http://3.bp.blogspot.com/_fQICLTWsk88/TEOov_s-YwI/AAAAAAAAAiI/UegvdmtUUyM/s1600/KLmonorail.jpg

Malaysia bukan hanya Kuala Lumpur
Kantor saya dulu terletak di Cyberjaya, Selangor, yang berjarak sekitar 45 menit dari Kuala Lumpur. Cyberjaya bersebelahan dengan Putrajaya yang merupakan distrik kantor pemerintahan Malaysia dengan gedung-gedung yang unik. Di Cyberjaya, banyak terdapat kantor-kantor perusahaan teknologi dunia, dari perusahaan besar hingga perusahaan menengah. Kantor saya dulu adalah perusahaan IT yang bergerak di bidang financial trading online, dengan karyawan sekitar 40 orang.

Teman saya malah ada yang berkarir di biro advertising berkantor di Kedah, Perlis, ujung utara Malaysia yang dekat dengan perbatasan Thailand. Lowongan di berbagai daerah di Malaysia bisa di coba, tidak melulu ada di KL tapi bisa di Penang, Johor Baru atau Perak. Memang suasananya berbeda dengan KL yang merupakan kota besar, tapi tetap seru kok, dan pastinya akan selalu ada tempat untuk di eksplor.

Portal Kerja
Dulu, saya mendapatkan pekerjaan sebagai Graphic Designer di Malaysia melalui portal kerja k*rir.com di Indonesia. Portal kerja sekarang sudah bersifat regional juga, Anda bisa memilih lowongan di negara yang dituju. Banyak perusahaan luar negeri yang mencari profesional dari Indonesia untuk tipe pekerjaan tertentu. Sekarang ini cukup banyak situs kerja yang bertebaran di internet, Anda cuma perlu rajin melihat-lihat lowongan overseas yang sekiranya cocok dengan yang Anda tuju, lalu apply langsung melalui website tersebut, tentunya Anda mesti memiliki akun sendiri di portal itu. 

Walk-in interview
Teman saya pernah mendapatkan pekerjaan di Kuala Lumpur dengan cara ini. Dia datang ke KL untuk menginap beberapa hari, dengan membawa CV lengkap. Lalu membeli koran dan melihat-lihat iklan lowongan kerja walk-in interview di sana (well, waktu saya masih di sana memang cukup banyak lowongan kerja di koran yang meminta calon pekerja langsung walk-in interview). Anggaplah itu sebagai liburan plus (Plus kesana-kemari, plus bolak-balik halaman koran, plus jelalatan mata cari iklan lowongan). :D

Website perusahaan
Banyak perusahaan yang mencantumkan halaman karir di website mereka, terutama perusahaan global. Anda perlu rajin mengecek daftar perusahaan yang ada di Malaysia dan melihat apakah mereka sedang membutuhkan karyawan melalu websitenya. Biasanya mereka mempunyai formulir yang bisa langsung kita isi atau membubuhkan alamat email, nah, dari situ silakan langsung kirim CV Anda.

Agen tenaga kerja
Ada banyak agen tenaga kerja yang menawarkan posisi-posisi bagus sebagai profesional di Malaysia, Anda bisa coba browsing atau search di Linkedin juga saat ini banyak head hunter menawarkan jasanya.

Relasi
Jangan ragu memanfaatkan relasi untuk mendapatkan pekerjaan di luar negeri! Bila Anda memiliki teman, saudara, kakak, adik, om, tante, tetangga, teman facebook atau teman blog yang bekerja atau tinggal di luar negeri, coba tanya prospek untuk melamar kerja di sana, syukur-syukur di perusahaannya sedang butuh orang dan Anda bisa sekalian di tarik atau sekedar numpang titip CV. Jadi jagalah pertemanan Anda dengan baik ya, selalu coba membantu orang agar orang juga berbuat hal yang sama kepada kita.

Portfolio online dan PDF
Bila Anda berkecimpung di dunia kreatif, seperti Designer, Animator atau Illustrator, buatlah portfolio online dan juga portfolio PDF yang menarik tapi profesional. Sering terjadi perusahaan tertarik merekrut karena melihat hasil karya seseorang di Internet. Sebaiknya setiap karya di beri watermark nama Anda supaya tidak diakui orang lain sebagai karya mereka. Untuk portfolio PDF, hanya cantumkan karya terbaik Anda dan buat filenya tidak terlalu besar agar lebih mudah saat pengiriman lewat email.

Pastikan detil penawaran
Saat mendapatkan penawaran gaji, pastikan Anda meminta detilnya lewat email. Gaji itu potongan pajaknya berapa, take home pay berapa, apakah mendapatkan tempat tinggal, kenaikan gaji, bonus, tiket pesawat (min. berangkat), makan, telepon, tanyalah apapun selama itu masih masuk akal. Setelah dapat detilnya Anda bisa memperkirakan jumlah yang bisa di pakai untuk sehari-hari, kirim ke kampung, beli barang, tabungan atau jalan-jalan (Perusahaan saya dulu mengadakan company trip tiap tahun, terkadang ke luar Malaysia seperti Bali, Thailand, Macao).

Jangan menyerah terlalu cepat
Saya pernah membaca orang yang mengirimkan email CV nya sampai ke lebih dari 250 perusahaan, sampai akhirnya diterima kerja di Australia (sama-sama negara lain toh). So, terus kirimkan lamaran kerja Anda dan ingat untuk selalu memperbaiki CV menjadi lebih bagus.

Malaysia bisa menjadi tujuan Anda untuk mencoba peruntungan bekerja di negeri orang. Jarak yang dekat dengan Indonesia, biaya hidup yang lebih rendah di bandingkan Singapura sebagai tetangganya, penawaran gaji yang lebih baik dari Indonesia, dan banyak perusahaan multinasional yang membuka kantor di Malaysia. Di tempat kerja saya dulu, CEO nya adalah orang Perancis, Managing Directornya orang Belanda, kalau di hitung secara keseluruhan karyawan, ada sekitar 12 warga negara berbeda dalam satu kantor, asik gak tuh :D

Sukses selalu ya untuk yang mau nyebrang!

Bagikan

Jangan lewatkan

Bekerja di Malaysia sebagai profesional
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

3 comments

Tulis comments
avatar
February 5, 2016 at 8:09 AM

Wow gan, dulu anak dkv ya? tertarik juga sih saya buat kerja di negara tetangga lagi ngasah skill dulu nih hehe,, makasih sharing nya gan!

Reply
avatar
March 20, 2016 at 9:53 AM

Halo sama-sama mas, iya lulusan DKV.. semangaaat, kejar terooos jangan kasih kendor haha...

Reply