Bersiap Untuk Liburan

10:53 PM 0 Comments A+ a-

Menjelang akhir tahun, biasanya orang akan berbondong-bondong mengambil cuti panjang untuk berliburan bersama keluarga. Ada yang sekedar berkunjung ke tempat-tempat wisata di dalam kota, atau ke kota sebelah, dan ada juga yang meluncur ke berbagai daerah wisata di dalam maupun luar negeri.

Yah, ke manapun Anda akan melaksanakan wisata liburan, yang perlu diperhatikan adalah jenis liburan macam apa yang akan anda lakukan dan bersama siapa Anda  akan pergi. Saya hendak berbagi beberapa hal yang sekiranya diperlukan untuk persiapan perjalanan liburan Anda. Jarak jauh atau dekat tetap memerlukan perencanaan untuk memastikan liburan Anda tidak berantakan.


Memastikan Daerah Tujuan
Pastikan tujuan Anda lebih dulu, apakah ke pantai, pegunungan atau kawasan perkotaan. Tujuan yang sudah dipastikan akan lebih mudah untuk Anda mempersiapkan barang yang hendak di bawa. Misalnya untuk ke pantai Anda perlu mempersiapkan sunblock atau kacamata hitam.

Membuat Daftar Barang yang dibawa
Membuat daftar barang bawaan sangat membantu persiapan liburan menjadi lebih terencana, sehingga Anda tidak perlu repot membeli barang-barang baru yang sebetulnya bisa Anda bawa sejak berangkat.

Budget
Untuk yang memiliki tabungan berlebih, pastinya pengeluaran saat liburan tidak akan masalah, tapi bila budget Anda terbatas tapi tetap ingin berangkat berlibur, catat perkiraan pengeluaran yang akan dilakukan, misal untuk biaya hotel, transportasi, masuk lokasi wisata, makan dan pengeluaran tak terduga.

Bersama Siapa
Perjalanan bersama keluarga terutama bila membawa anak kecil atau orang tua, bisa sangat berbeda dengan melakukan perjalanan sendiri maupun bersama teman-teman satu geng. Ada hal-hal yang perlu diperhatikan mengenai detil barang bawaan untuk Anak atau orang tua agar mereka tetap merasa nyaman sepanjang perjalanan.

Booking Tempat Menginap
Saya tidak hanya bermaksud soal booking hotel, karena tempat menginap bisa saja di rumah salah satu sanak saudara atau teman yang bersedia menampung kita selama masa liburan, kalau salah satu tempat itu sudah penuh atau sedang banyak tamu bisa segera cari tempat lain. So, make sure earlier where we want to spend the holiday.

Cek Tempat yang Menarik dikunjungi
Ini akan membuat perjalanan Anda menjadi hemat waktu, karena bila Anda akan mengunjungi beberapa tempat sekaligus maka Anda bisa mengatur berdasarkan jarak antar tempat yang akan dikunjungi serta mengetahui medannya, apakah mudah dilalui atau tidak.

Cek Dokumen
Selalu cek kelengkapan dokumen Anda sebelum berangkat liburan. Untuk yang hendak ke luar negeri, pastikan tiket dan paspor Anda sudah tersimpan dan terbawa rapi di tangan. Untuk liburan dalam negeri pastikan dokumen tanda pengenal selalu di bawa, apakah itu KTP, SIM maupun tanda pengenal lain. Anda tentunya tidak ingin kalau sewaktu-waktu kerepotan saat ada pemeriksaan dokumen di tempat menginap atau daerah lain yang jauh dari rumah.


Ok, kalau begitu selamat liburan ya teman!