December 23, 2014

Transportasi Darat Singapura - KL #1

Sekedar untuk sharing dan mengingat masa-masa liburan (ahiyy), saya mau sedikit berbagi tentang perjalanan Kuala Lumpur - Singapura atau sebaliknya. Untuk orang-orang yang senang traveling, terutama yang masih sebatas sekitar Asia Tenggara, saya doain besok-besok ke Jepang! (saya ikut ya, pliss), biasanya untuk pertama kali mereka akan mengincar Singapura atau Kuala Lumpur sebagai tujuan utama, mungkin karena jaraknya yang relatif tidak terlalu jauh dengan pesawat, hampir sama dengan perjalanan Jakarta - Bali, cukup sekitar 2 jam saja. Meskipun banyak juga yang memilih Thailand dengan Bangkok atau Phuket menjadi tujuannya.

  Image dari google

Bila Anda berada di Singapura, sangat mudah untuk Anda sekaligus mengunjungi Kuala Lumpur (KL) di Malaysia. Anda bisa memilih menggunakan jalur darat atau udara. Nah, yang mau saya ceritakan disini adalah pengalaman saya beberapa kali menggunakan transportasi darat dari KL - Singapura maupun sebaliknya. Ada dua pilihan jalur darat dengan transportasi umum yang bisa kita gunakan. Pertama adalah dengan bus, kedua adalah menggunakan kereta api.

Singapura - KL dengan Bus

 Image dari singtip.com

Taruhlah Anda berada di Singapura, dan bermaksud menggunakan bus menuju KL, maka Anda bisa pergi menuju Golden Mile Complex, area seperti mall yang banyak terdapat agen-agen bus untuk ke berbagai tujuan di Malaysia, selain membeli tiket di situ, kita juga akan naik bis dari area situ. Untuk pergi ke Golden Mile Complex menggunakan MRT, silahkan turun di stasiun Lavender street lalu menyebrang jalan melewati komplek Apartemen, sekitar 5-10 menit jalan kaki, atau bisa dengan cara yang saya lakukan saat pertama kali ke Singapura, bertanya dengan orang yang saya temui :)

Di sana Anda bisa memilih agen, bus yang ingin dinaiki serta waktu keberangkatan apakah pagi, sore atau malam. Saya sendiri biasanya menggunakan bus Transnasional. Yang perlu diperhatikan adalah harga untuk tiap agen dan bus yang digunakan berbeda-beda, ada bus versi standar (inipun sudah pasti AC dan nyaman) dan ada juga bus versi mahal dengan fasilitas TV, dapat makan dan ada kamar mandi, ada juga yang berupa bis tingkat.

Yang saya ceritakan di atas adalah bila kita bermaksud langsung tujuan Singapura-Jakarta. Banyak traveler yang mengakali harga bus yang mahal dari Singapura menuju KL dengan cara transit terlebih dahulu di terminal Larkin, Johor Baru Malaysia. Cara ini memang bisa lebih menghemat ongkos, tapi kita perlu turun berganti bus di terminal Larkin, JB.

Karena berpindah negara, kita mesti dua kali turun dari bus untuk pemeriksaan imigrasi. Yang pertama pengecekan imigrasi Singapura, lalu kita naik bus kembali, dan bus berjalan beberapa menit kita turun kembali untuk pengecekan imigrasi Malaysia. Buat yang ngantuk bisa jadi sedikit mengganggu karena harus naik-turun hehe...

Cara yang sama berlaku untuk perjalanan dari KL menuju Singapura. Dari KL, bus tujuan area selatan Malaysia seperti Melaka, Johor, termasuk menuju Singapura berangkat dari terminal Bandar Tasik Selatan. Terminal ini cukup mudah di jangkau dengan LRT maupun bus dari Stasiun KL Sentral sebagai terminal pusat Kuala Lumpur.

Kita bisa membeli tiket langsung di loket yang telah disediakan di dalam area terminal, jangan kuatir karena loketnya sangat banyak dan pelayanannya cukup cepat. Perjalanan KL - Singapura dan sebaliknya akan memakan waktu sekitar 5-6 jam, dan pemandangan dari bus melewati jalan tol sepanjang jalan jadi lebih enak tidur saja. Untuk bus maupun kereta api, saya biasanya memilih jam keberangkatan malam hari agar sampai tujuan saat Pagi dan bisa langsung berkeliling.

O ya, dengan nilai tukar yang berbeda antara Ringgit malaysia dan dolar Singapura, lebih baik kita sekalian beli tiket pulang pergi, bila kebetulan kita akan kembali ke Malaysia lagi.

Bagikan

Jangan lewatkan

Transportasi Darat Singapura - KL #1
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.